Kunjungan Kota Madinah dan Kota Makkah

Kunjungan Kota Madinah dan Kota Makkah

Sesampai di Madinah Jamaah langsung menuju Hotel untuk istirahat dan sholat berjamaah di Masjid Nabawi. Selama di Masjid Nabawi jamaah dapat berkunjung diseputaran Masjid Nabawi seperti Raudhah, Makam Nabi Muhammad, Abu Bakar dan Umar bin Khattab.

  • Raudhah

Dianatara kunjungan tersebut ada salah satu tempat yang mustajab ialah Raudhah. Raudhah merupakan suatu tempat yang berada di antara mimbar dan makam Rasulullah SAW. Persisnya berada di bagian shaf terdepan Masjid Nabawi dan sedikit menjorok ke kiri.

Waktu untuk mengunjungi Raudhah untuk jemaah laki-laki bebas, namun untuk perempuan hanya dapat mengunjungi di waktu dhuha, di waktu dzuhur dan isya

  • Pemakaman Baqi’

Pemakaman Baqi merupakan pemakaman para sahabat Nabi serta keluarganya. Dan pemakaman baqi juga peruntukan untuk para jamaah Haji ataupun Umroh yang meninggal dunia pada saat berada di kota Madinah

  • Museum Rasulullah SAW, Museum Al Qur’an dan Museum Asmaul Husna

Museum tersebut masih berada di sekitaran Masjid Nabawi, dan salah satu yang akan membuat Jamaah kagum adalah dengan keindahan Al Qur’an terbesar dengan tulisan menggunakan tinta emas.

  • Jabal Uhud, Masjid Quba, Masjid Qiblatain, Kebun Kurma

Jabal Uhud bukan gunung biasa. Jabal Uhud sarat akan nilai dan makna spiritual dan sejarah.

Ada yang menyebutnya bukit, ada yang menyebutnya gunung. Secara harfiah, jabal merujuk kepada kata gunung.

Jabal Uhud memiliki tinggi sekira 1.050 meter. Lokasinya sekira 4,5 kilometer di sebelah utara Kota Madinah, Arab Saudi. Panjangnya 7 Km dan terdiri dari batu-batuan granit, marmer merah dan batu-batu mulia.

Jabal Uhud memang tampak seperti gunung yang menyendiri, tidak tersambung dengan gunung lainnya. Karena itu nama Jabal Uhud diberikan yang berarti gunung yang menyendiri.

Sebagai tempat ziarah, kondisi Jabal Uhud sekarang ini tentunya sudah berbeda dengan kondisinya lalu. Kini, para jamaah yang datang umumnya hanya sampai ke Gunung Arrimah.

Di lokasi ini juga terdapat Makam Syuhada Uhud. Lokasinya dipagar secara rapat. Selain itu dilapisi kaca plastik tipis sehingga tidak bisa dilihat terlalu jelas dalamnya. Tempat ini merupakan pemakaman bagi 70 sahabat Nabi Muhammad yang gugur pada Pertempuran Uhud.

  • Masjid Qiblatain

Pada permulaan Islam, orang melakukan salat dengan kiblat ke arah Baitul Maqdis (nama lain Masjidil Aqsha) di Yerusalem/Palestina. Baru belakangan turun wahyu kepada Rasulullah SAW untuk memindahkan kiblat ke arah Masjidil Haram di Mekkah.

Peristiwa itu terjadi pada tahun ke-2 Hijriyah hari Senin bulan Rajab waktu dhuhur di Masjid Bani Salamah ini. Ketika itu Rasulullah SAW tengah salat dengan menghadap ke arah Masjidil Aqsha. Di tengah salat, tiba-tiba turunlah wahyu surat Al Baqarah ayat 144[1], yang artinya:

“Sungguh Kami (sering) melihat mukamu menengadah ke langit, maka sungguh Kami akan memalingkan kamu ke kiblat yang kamu sukai. Palingkanlah mukamu ke arah Masjidil Haram. Dan di mana saja kamu berada, palingkanlah mukamu ke arahnya. Dan sesungguhnya orang-orang (Yahudi dan Nasrani) yang diberi Alkitab (Taurat dan Injil) memang mengetahui, bahwa berpaling ke Masjidil Haram itu adalah benar dari Tuhannya; dan Allah sekali-kali tidak lengah dari apa yang mereka kerjakan.”[2]

  • Masjid Quba

Masjid Quba adalah masjid pertama yang dibangun oleh Rasulullah saw. pada tahun 1 Hijriyah atau 622 Masehi di Quba, sekitar 5 km di sebelah tenggara kota Madinah. Dalam Al Qur’an disebutkan bahwa masjid Quba adalah masjid yang dibangun atas dasar takwa (Surat At Taubah:108).

Allah s.w.t memuji masjid ini dan orang yang mendirikan sholat di dalamnya dari kalangan penduduk Quba’ dengan Firman-Nya:

Sesungguhnya masjid itu yang didirikan atas dasar takwa (Masjid Quba) sejak hari pertama adalah lebih patut bagimu (Hai Muhammad) sholat di dalamnya. Di dalamnya terdapat orang-orang yang ingin membersihkan diri…….(At Taubah, 108).

Sumber berita : Wikipedia.org

  • Kebun Kurma

Kurma telah menjadi makanan pokok di Timur Tengah selama ribuan tahun lamanya. Pohon Kurma diyakini berasal dari sekitar Teluk Persia dan telah dibudidayakan sejak zaman kuno dari Mesopotamia ke prasejarah Mesir, kemungkinan pada awal 4000 SM. Bangsa Mesir Kuno menggunakan buahnya untuk dibuat menjadi anggur kurma dan memakannya pada saat panen. Ada bukti arkeologi budidaya kurma di bagian Arab timur pada tahun 6000 SM. (Alvarez-Mon 2006).

Pada zaman selanjutnya, orang Arab menyebarkanluaskan kurma di sekitar Selatan dan Barat Daya Asia, bagian utara Afrika, Spanyol dan Italia. Kurma diperkenalkan di Mexico dan California, disekitar Mission San Ignacio, oleh bangsa Spanyol pada tahun 1765.

Sumber berita : Wikipedia.org

Kunjungan di Kota Makkah

Masjidil Haram

Berpindah dari kota Madinah menuju Makkah, jamaah diantar menggunakan bus pariwisata. Kemudian saat di perbatasan kota Makkah, kita akan berhenti di Masjid Bir Ali untuk mengambil miqat. Kemudian melanjutkan perjalanan kembali, dan bersiap menuju hotel.

Tiba di Makkah, jemaah langsung menuju lobby hotel untuk beristirahat sejenak, dan bersiap menjalankan ibadah umroh. Setelah proses umroh selesai, hari berikutnya jamaah dipandu muthawaif berkunjung ke beberapa tempat seperti :

  • Jabal Tsur, Jabal Nur, Jabal Rahmah, Padang Arafah, Muzdalifah, Mina dan Ji’ronah (Tempat Miqot Umroh Penduduk Makkah)

Jabal Nur berada di 7 km dari Masjidil Haram. Di puncak gunung ini terdapat Gua Hira. Tempat pertama kali Nabi Muhammad SAW menerima wahyu. Kemudian, ada Jabal Rahmah, yang dikisahkan menjadi tempat bertemunya Nabi Adam a.s dan Siti Hawa.

  • Jabal Abu Kubais, Depo Zamzam, dan Rumah Kelahiran Nabi

Terletak tidak jauh dari Masjidil Haram, ada rumah yang dahulunya menjadi tempat kelahiran Baginda Rasululah SAW. Namun kini, bangunan tersebut sudah di alih fungsikan menjadi sebuah perpustakaan. Bangunan tersebut bernama Perpustakaan Makkah Al Mukarramah.

Demikianlah beberapa tempat yang menjadi Rute Perjalanan kita selama di Tanah Suci. Semoga bermanfaat, dan semakin memantapkan iman kita untuk tetap istiqomah menjalankan perintahNya. Dan semoga Allah selalu mudahkan segala hajat dan urusan kita… aamiin

Share your thoughts

× Informasi Umroh ? Klik Disini