Yang Harus diperhatikan sebelum berangkat UMROH

Yang harus di perhatikan sebelum berangkat Umroh

Mungkin ada beberapa di antara Anda yang dalam waktu dekat berencana melakukan perjalanan umrah ke Tanah Suci. Nah, sebelum memulai perjalanan spiritual di Mekah dan Madinah, ada baiknya mengetahui dulu 10 hal ini.

Dilansir dari Muslimmatters.org, berikut 10 hal yang perlu dipahami dan dilakukan calon jemaah sebelum memulai perjalanan ibadah umrah.

  • Pelajari tentang Umrah

Sebelum memulai perjalanan, persiapkan dulu diri Anda dengan mempelajari segala hal seputar umrah. Anda bisa membeli buku-buku referensi yang berisi panduan ibadah umrah. Pelajari pula tentang Mekah dan Madinah sebelum menginjakkan kaki di dua kota suci itu.

  • Susun Program Pejalanan Anda

Anda diperlukan untuk menyusun program perjalanan secermat mungkin, pikirkan waktu ibadah, keberangkatan serta kepulangan pesawat, berkunjung ke makam atau destinasi sejarah islam. Gunakan waktu sebaik mungkin dan perkirakan juga perjalanan yang akan Anda tempuh dari lokasi penginapan Anda dengan lokasi-lokasi yang akan Anda kunjungi

Semakin cermat Anda menyusun program perjalanan, akan semakin hemat pula biaya perjalanan Anda. Semakin lama waktu singgah selama di Tanah Suci, maka semakin besar pula biaya yang harus Anda keluarkan. Sebaiknya pilih waktu singgah secukupnya dan utamakan untuk melaksanakan ibadah umroh bukan untuk travelling, berfoto, atau berbelanja.

  • Cari partner ibadah yang baik

Jika Anda berangkat umrah dengan orang lain, pastikan mereka adalah orang-orang yang bisa menjadi ‘partner ibadah’ yang baik. Memiliki partner ibadah yang baik dapat membuat perjalanan umrah Anda lebih maksimal. Mereka akan memotivasi Anda untuk melakukan Tahajjud di Majdil Haram dan Masjid Nabawi, melakukan Tawaf tambahan, membangunkan Anda ketika fajar, dan menyemangati Anda untuk melakukan berbagai hal positif selama berada di Tanah Suci.

  • Mengerti dan Tahu aturan Ihram

Pahami segala aturan tentang Ihram. Misalnya, Anda dilarang menggunakan sabun wangi ketika Ihram. Jadi cobalah untuk mendapatkan beberapa sabun tanpa pewangi sebelum Anda pergi. Contoh lainnya, Anda tidak boleh menutupi kepala dengan kain Ihram (untuk pria). Jadi, Anda dapat mengontrol diri Anda untuk tak melakukan hal itu meski siang hari di Tanah Suci sangat panas.

  • Aturan mencukur rambut

Pada akhir Umrah, jemaah pria dan wanita dianjurkan untuk memotong rambut mereka. Pastikan tukang cukur yang Anda kunjungi menggunakan pisau sekali pakai. Pemerintah Saudi sudah memberlakukan aturan pisau sekali pakai untuk Tahalul (cukur rambut), tetapi Anda tetap harus waspada. Penggunaan pisau yang berganti-gantian antar jemaah dapat berisiko pada penularan beberapa penyakit seperti Hepatitis C.

Sementara untuk jemaah wanita, disarankan untuk tidak memotong rambut di kawasan Kabah. Tunggu sampai Anda kembali ke hotel sehingga bisa leluasa melepas hijab dan memotong rambut Anda.

  • Gunakan pelembap

Hal ini disarankan untuk para jemaah pria. Ketika Anda berada dalam keadaan Ihram, Anda tidak mengenakan apapun, bahkan pakaian dalam. Karena itu, umumnya mereka akan mengalami lecet pada beberapa lipatan tubuh. Untuk mengantisipasi hal itu, gunakanlah pelembap.

  • Kunjungi Raudah

Perlu diketahui, waktu terbaik untuk mengunjungi Raudah adalah pada waktu malam. Banyak orang berlomba-lomba untuk berdoa di tempat ini, sehingga Raudah nyaris tak pernah kosong.

Orang-orang di sekitar Madinah mengatakan, malam hari adalah waktu terbaik untuk mengunjungi Raudah karena suasananya lebih sepi ketimbang siang hari. Beberapa jam sebelum Isya atau beberapa jam sebelum fajar adalah waktu yang paling tepat untuk berdoa di Raudah karena suasananya lebih tenang sehingga cocok untuk refleksi diri.

  • Kunjungi situs di Madinah

Waktu terbaik untuk mengunjungi situs-situs suci di Madinah adalah pagi hari, di antara terbit fajar dan Zuhur. Anda dapat mengunjungi tempat-tempat seperti situs Perang Uhud dan Masjid Quba, masjid pertama yang dibangun oleh Nabi Muhammad SAW. Jangan lupa untuk salat 2 rakaat di Masjid Quba!

  • Komunikasi dengan orang rumah

Saat berada di Tanah Suci, jangan lupa untuk tetap berkomunikasi dengan keluarga di rumah. Anda dapat mengunduh aplikasi seperti Viber atau MagicJack untuk memudahkan Anda menelepon ke rumah secara gratis dengan WiFi yang tersedia di hotel. Jika Anda menggunakan iPhone, Anda dapat menggunakan iMessaging untuk mengirim pesan ke sesama iPhone.

  • Berbincang dengan sesama jemaah

Selama melakukan umrah, sempatkan diri untuk sesekali berkenalan dan berbincang dengan jemaah-jemaah dari negara lain. Mekah dan Madinah adalah tempat berkumpulnya orang-orang dari seluruh dunia. Jadi, berada di sana adalah kesempatan emas Anda untuk bersilaturahmi dan mengikat persaudaraan dengan sesama muslim dari berbagai negara.

  • Panjatkan doa sebanyak-banyaknya

Umrah adalah perjalanan spiritual yang indah. Allah menjanjikan banyak pahala, keberkahan dan mengabulkan segala doa. Karena itu, gunakan kesempatan ini sebaik-baiknya. Buat doa sebanyak-banyaknya untuk diri sendiri, keluarga, teman, dan seluruh umat.

Sumber : Dream Tour.co

Share your thoughts

× Informasi Umroh ? Klik Disini